Sabtu, 21 Desember 2019

Asyiknya Mancing di Setu Cilodong




Bagi yang punya hobby memancing, Setu Cilodong merupakan salah satu destinasi favorit. Selain karena tempatnya yang cukup asyik dan luas, koleksi ikannya konon juga tak kalah ciamik. Ada banyak jenis ikan yang bersemayam dan ditebar di sana, antara lain ikan mas, gurame, nila, bawal, mujaer, patin, lele, dan juga sapu-sapu.

Musim memancing yang favorit biasanya pada bulan-bulan musim penghujan, seperti Oktober, November, Desember hingga awal tahun. Karena saat itulah debit air setu sedang pasang-pasangnya, dimana biasanya banyak juga ikan-ikan “kintir” atau mengalir dari arus air bawaan dari luar kawasan setu.

Sedangkan pada bulan Mei, Juni, Juli, hingga Agustus dan September debit air Setu biasanya mulai menyusut atau surut. Bahkan pada musim kemarau, air di setu Cilodong bisa habis sama sekali, alias kering-kerontang. Sehingga di tengah setu terlihat gundukan tanah yang terlihat seperti ‘pulau’ yang ditumbuhi rumput dan dipenuhi sampah.

Para pemancing  yang sudah tahu kondisi, biasanya pada berdatangan ke Setu Cilodong pada bulan-bulan penghujan tersebut. Mereka yang rajin memancing di sana bukan hanya warga sekitar Cilodong, tapi juga warga jauh dari setu. Ada yang dari Cibinong, Cimanggis, Tapos, Pancoran Mas, Beji, Sawangan, bahkan tidak sedikit yang berasal dari Bogor dan Jakarta.



Mereka yang senang memancing di Setu Cilodong, selain karena gratis atau tidak dipungut tiket masuk, ikan-ikannya pun tidak main-main. Bagi yang beruntung mereka bisa mendapatkan ikan dengan ukuran besar, lebih dari 1 kg. Namun  kebanyakan atau rata-rata mereka hanya memperoleh ikan dalam ukuran kecil, antara 1 ons hingga 3 ons per ekor.

Selain ikan, dalam bulan tertentu para pemancing juga bisa mendapatkan udang ukuran sedang dalam jumlah yang tidak sedikit. Biasanya mereka menangkap udang dengan menggunakan jala dan waktu nangkapnya  pagi hari, antara pukul 06.00 – 08.00 wib. Ketika ada penangkap udang, para pembeli pun sudah siap memborong hasil tangkapan udang tersebut.

Nah, bagi para penghobby memancing, yuk rame-rame ke Setu Cilodong…!!

Written by Rifi Sedayou
Photos by Rifi Sedayou

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wisata Edukatif dan Kreatif Ala “Taman Herbal Insani” Depok

Siapa bilang berwisata mesti mahal dan mengeluarkan banyak uang. Ternyata, mendatangi objek wisata dengan biaya secukupnya pun kini tela...