Jumat, 20 Desember 2019

Setu Cilodong, Mau Jadi Destinasi Wisata Unggulan Kota Depok, Kapan ya ??



Kota Depok seringkali juga disebut sebagai kota seribu setu (danau), karena memang di kota ini banyak ditemukan setu. Ada sekitar 26 setu di 11 kecamatan, salah satunya adalah Setu Cilodong yang terletak di kelurahan Kalibaru kecamatan Cilodong. Tepatnya di pinggir jalan Raya Abdul Ghani, kira-kira 500 meter sebelah selatan markas Divif I Kostrad Cilodong.

Setu yang luasnya sekitar 6,4 hektar ini kini semakin digandrungi oleh warga sekitar sebagai tempat nongkrong atau melepas penat yang murah dan meriah (murmer). Murah karena untuk memasuki Setu Cilodong ini belum dikenai retribusi atau tiket masuk sepeserpun. Dan meriah karena saat ini sudah banyak beberapa wahana wisata yang tersedia di sana. Ada bebek-bebekan atau sepeda air, ada permainan bola air, wahana kereta mini untuk anak-anak, ada pancingan, ada juga wahana komedi putar mini, dan masih banyak lagi.


Warung kopi dan jajanan yang menyediakan aneka minuman seperti kopi murni (hitam), kopi susu, teh, jahe, thai tea, dll, hingga makanan kecil (snack) dan mie instant aneka rasa pun banyak berjejer di pinggir setu. Harganya pun sangat bersahabat, bahkan mungkin sangat murah, dibanding tempat wisata lainnya yang sudah komersial.

Karena  belum dikelola secara komersial inilah maka harga makanan dan minuman serta wahana permainan disana relatif sangat terjangkau untuk ukuran warga Jabodetabek. Kalau di destinasi wisata lain uang Rp 100.000 tidak cukup, maka di Setu Cilodong duit segitu sudah lumayan cukup.


Tapi tidak tahu kalau suatu saat nanti Setu Cilodong sudah dinaikkan grade-nya dan dikelola secara komersial oleh pemkot Depok sebagai destinasi wisata unggulan, maka uang Rp100.000 mungkin tidaklah cukup. Karena yang pasti nanti akan dikenakan tarif tiket masuk untuk wisatawan, juga wahana permainan akan ditambah koleksinya dengan kualitas yang lebih bagus. Begitu pula warung kopi (warkop) akan ditata lebih rapi dan penjualnya pun akan dipungut uang sewa  per kios.

Walikota Depok M. Idris Abdul Shomad pada tahun 2017 lalu pernah melontarkan bahwa Setu Cilodong akan dijadikan sebagai proyek unggulan destinasi wisata kota Depok, bersama 4 setu lainnya. Rencana tersebut sudah disampaikan juga kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil.


Empat setu lainnya adalah Setu Rawa Kalong yang terletak di jalan Rawa Kalong Keluruhan Curug Kecamatan Cimanggis. Setu seluas 8,25 hektar ini dikelilingi permukiman warga dan pabrik. Lalu Setu Raden seluas 1,4 hektar yang berada di Kecamatan Beji. Berikutnya, Setu Rawa Besar seluas 13 hektar di Kecamatan Pancoran Mas. Kemudian, ada Setu Sawangan seluas 27 hektar di Kecamatan Bojongsari.

Cuma hingga menjelang tutup tahun 2019 geliat ke arah sana, utamanya untuk Setu Cilodong, belum begitu nampak. Kapan proyek itu mau dimulai kita belum tahu pasti: apakah tahun depan (2020), dua tahun lagi atau lima tahun lagi ?


Meski demikian, pihak pengelola sehari-hari Setu Cilodong menyatakan siap untuk menyambut dan mendukung rencana Pemkot Depok menjadikan Setu Cilodong sebagai destinasi wisata unggulan kota Depok.

Wait and see aja ya gaes….!!

Written by Rifi Sedayou,
Photos by Rifi Sedayou


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wisata Edukatif dan Kreatif Ala “Taman Herbal Insani” Depok

Siapa bilang berwisata mesti mahal dan mengeluarkan banyak uang. Ternyata, mendatangi objek wisata dengan biaya secukupnya pun kini tela...